Jumat, 17 Mei 2013

5 Tips Memiliki Pembaca Setia Blog

5 Tips Memiliki Pembaca Setia BlogSiantar - Visitor merupakan salah 1 faktor utama bagi para blogger/webmaster untuk menawarkan tarif pasang iklan di blog/situs yang dikelolanya, betul tidak ?. Nah, jika Anda menjawab betul, mungkin Anda tertarik umtuk membaca Tips cara memiliki pembaca setia blog Anda. Dalam kasus ini, tips mendapatkanvisitor blog hanya bersumber dari pengalaman admin Majalah Siantar saja. Sekilas info nih, saya sejak tahun 2008 sudah punya blog, awalnya iseng, akhirnya jadi iseng banget, liat aja blog ini, tulisannya amburadul, gado-gado, isinya lari dari deskripsi judul blog seperti yang Anda lihat di bagian Header, wkwkwk. Setelah saya tinjau, ternyata masih saya sendiri blogger yang pertama kali membawa namaMajalah Online yang berisi konten gado-gado, walaupun begitu saya juga berusaha agar lebih mendalami mengenai postingan yang saya buat di blog ini.

Kata " Majalah " sendiri lebih terkesan profit atau professional ketimbang koran bukan ? dimana suatu topik akan dibahas secara detail, rinci dan gamblang dibandingkan dengan metode pembahasan topik ala koran. Itu sebabnya saya mendirikan Majalah Siantar ini yang bertujuan untuk membahas secara spesifik, khusus, dan lebih detail dari koran mengenai suatu topik tertentu yang mungkin berguna bagi pembaca setia blog Majalah Siantar ini. Lucunya dimana ?, ya iya lah Lucu, saya mendirikan blog ini dengan tujuan menyebarluaskan berita siantar atau lebih tepatnya berita kota Pematangsiantar dan informasi lainnya yang di update secara rutin, tak taunya sekarang saya malah asik membahas Tutorial belajar NgeBlog seperti SEO dan cara optimasi SEO lainnya yang bisa Anda baca DiKoleksi Artikel SEO Blog. 

Tuh kan ngawur, apa saya bilang ? Judulnya 5 Tips Memiliki Pembaca Setia Blog, malah jadi curhat gak jelas. Oke lah sob, tanpa panjang lebar ( udah lebar kalee ) langsung aja disimak cara mendapat visitor/pembaca setia blog Anda :

1.    Kualitas Konten adalah segalanya

Anda pasti melakukan berbagai cara optimasi seo agar postingan blog Anda berada paling tidak di halaman pertama mesin pencari bukan ? Nah, sekedar mengingatkan, jika artikel  yang Anda tulis tidak memiliki kualitas seperti informasi akurat, original dan berisi informasi yang paling banyak dicari orang, jangan mimpi artikel Anda ditampilkan di Top SERP. Saya jamin blogger Indonesia 50% melakukan copy-paste terhadap artikel original dan dengan sedikit editing mengklaim bahwa tulisan tersebut hasil pemikirannya sendiri. Jadi, intinya adalah say No to copy-paste. Percayalah cepat atau lambat kamu pasti menyesalinya, trust me it works.

2.    Lakukan Optimasi SEO

Setelah Anda benar2 menciptakan karya tulis original, artikel tersebut kemudian di publish. Nah, langkah selanjutnya dengan melakukan optimasi seo, baik itu seo on page ataupun seo off page, klik link tersebut jika Anda ingin mempelajari teknik SEO sebelum dan sesudah artikel di terbitkan.

3.    Promosikan Artikel di Social Media Network

Punya twitter ? punya Facebook ? yap. Setelah melakukan poin ke 2, segeralah share artikel tersebut di akun jejaring sosial yang Anda miliki. Hasil terbaik dari cara ini adalah :

a.    Facebook
-  Share sebagai status Anda, disini anda menggunakan akun FB sebagai individu.
-  Share sebagai admin fan page, biasanya para blogger telah membuat fan page untuk situs blognya, Anda juga posting artikel baru tersebut dengan menggunakan nama halaman. Contoh : saya punya 3 akun FB, tapi untuk urusan update posting di FB, saya dibantu staff saya Erika Letoy, untuk urusan share di jejaring social Facebook dan share di halaman fan page, dengan menggunakan nama “ Majalah Siantar “ dan urusan ini juga saya serahkan sama staff saya yang cantik itu. Intinya, begitu saya update posting, maka Erika akan mendapat pemberitahuan lewat e-mail. Soalnya dia sudah berlangganan via e-mail, dan selanjutnya saya percayakan penuh ke dia, begitupun urusan saling follow blog, dia yang menangani.

b.    Twitter
Twitter juga gak kalah saing soal traffic, akun twitter blog ini juga sudah dibuat sejak awal, urusan twitter itu menjadi bagian saya, admin Majalah Siantar Hendrikson FBI. Banyak orang geli liat kata “ FBI “ padahal itu singkatan dari “ Femilik Blog ini “ agak plesetan dikit gak masalah lah, buat iseng kok, hahay… lanjut.

c.    Jejaring social lainnya
Singkatnya, ada banyak jejaring sosial lain tempat untuk membeberkan kalau blog kita telah mempunyai posting baru, sebut saja forum, grup, komunitas, dll. Anda bisa share di kaskus, Blogger Indonesia, Planet Blog, Bloggers, atau di direktori blog lainnya. Semakin banyak Anda melakukan share, tentu semakin banyak juga feedback atau yang merespon postingan Anda. Tapi aturan main di jejaring sosial tersebut harus tetap di jaga, jangan sampai melanggar TOS nya, kalo melanggar akibatnya akun kita bisa di banned atau link kita di anggap spam. Saya gak membahas aturan main mereka disini, jadi sebagai pengguna atau user, Anda harus tau hal penting tersebut, biasanya di menu privacy atau term of use sudah ada mengenai aturan yang perlu dipatuhi.

4.    Membuat fitur berlangganan via email

Fasilitas ini bisa Anda dapatkan seperti layanan feedburner atau RSS lainnya. Anda bisa menggunakan widget tersebut di sidebar blog Anda atau di bawah artikel sobat. Setiap pembaca yang berlangganan via e-mail akan dikirimkan notice berupa judul posting blog kamu yang baru. Tidak itu saja, feedburner juga menyediakan fitur penghitung jumlah pembaca yang berlangganan artikel , tentu saja anda bisa memprediksi secara lebih akurat jumlah pembaca artikel dengan mudah karena di feedburner juga menyediakan fitur penghitung pembaca yang berlangganan. Kalo sobat belum tau cara memasang, menggunakan dan keuntungan dari layanan ini, anda bisa googling untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, karena di blog ini belum memposting artikel itu, tapi jika banyak yang request, mungkin akan saya bahas juga. :)

5.    Gosip Online dan Gosip Offline

Sebenarnya gosip punya nilai positif tersendiri bagi blogger, disini ada 2 jenis gosip, bukan gosip artis coy, tapi gosip online dan gossip offline. Karangan apa lagi ini ? wkwkwkkwk. Anda suka blogwalking kan ? nah, dengan aktivitas BW ini, gak cuman sekedar kasi komentar aja coy, di kolom komentarpun ada format komentar yang baik, bukan sekedar bilang gini “ Nice info !, thanksgoodmantap gan!, dll. Hindari komentar 1 atau 2 kata saja, itu komentar yang tidak bermutu, maaf bila Anda tersinggung.

Gosip online dalam artikel tips memiliki pembaca setia blog kali ini adalah dengan berkomentar di blog tetangga. Anda bisa buat format komentar seperti ini :

-----------Bagian Kepala--------
Artikel sobat ini benar2 berguna buat saya, terimakasih telah berbagi info yang berkualitas, bla bla bla bla…..
< ini khusus mengomentari artikelnya >

----------Bagian isi---------------
Saya juga memiliki artikel dengan topik yang sama sob, hanya saja di artikel ini lebih komplit, tapi gak ada salahnya kan sobat menambah info dengan berkunjung di www.contohdomainsobat.com/url-postingan-sobat.html
< ini yang saya sebut gosip online, hehe >

---------Bagian akhir--------------
Jika ada kesempatan, jangan lupa visit blog ane ya, mohon komentarnya tentang kekurangan blog saya Majalah Siantar. ( majalah siantar bisa diganti dengan judul blog sobat sendiri )

Gosip online juga bisa di terapkan di jejaring sosial lainnya  seperti pada point nomor 2 dengan topik yang relevan dong, biar nyambung aja.

Gosip offline :

Kalo ini sih biasanya hanya pada orang2 yang berada di sekitar kita.
Contoh : saya punya temen, dia bertanya, “ bagaimana cara menambah sperma ? “
Haha, saya agak geli juga dengan pertanyaannya, lalu tanpa pikir panjang, saya langsung SMS kan link blog saya yang membahas pertanyaannya tadi. Dengan sendirinya dia pasti membuka link tersebut, jika sobat mau tau linknya silahkan klik di Cara menambah sperma. Dan dia pun mendapat kepuasan atas pertanyaan yang telah terjawab

Nah, itu dia pengalaman saya mengenai 5 tips memiliki pembaca setia blog. Sebenarnya masih banyak cara yang bisa kita lakukan seperti melakukan ping, share di google+,  membuat logo banner blog kita di lagu untuk di download orang, sampai membuat tanda tangan e-mail dengan menyertakan link blog kita. Semakin banyak cara kreatif, semakin bagus pula tingkat feedbacknya. Oleh karena itu, saya membutuhkan waktu lebih dari 1 jam untuk mendapatkan hasil maksimal dari setiap postingan saya, yang artinya, pembaca yang bersumber dari mesin pencari adalah pembaca terbaik yang pernah saya dapatkan untuk blog ini, tunggu apa lagi ?, jadilah pembaca setia blog saya, wkwkwkk.